Awal Musim Dingin di Korea Selatan datang Terlambat, Es Terbentuk di Atas Titik Beku

Awal Musim Dingin di Korea Selatan datang Terlambat, Es Terbentuk di Atas Titik Beku
Embun beku menyelimuti pepohonan di Puncak Gunung Seorak di Provinsi Gangwon, 7 November, dalam foto yang disediakan oleh Kantor Taman Nasional Seoraksan.

Musim dingin di Korea Selatan datang lebih lambat dibandingkan tahun lalu. Hari Rabu (8/11), fenomena es dan embun beku sebagai penanda awal musim dingin baru mulai terlihat. Suhu rata-rata turun hingga 1,8 derajat Celcius, dan pembentukan es terjadi 20 hari lebih lambat dibandingkan tahun lalu.

Korea Selatan baru-baru ini mengalami periode cuaca hangat yang luar biasa sebelum suhu dingin menyerang minggu ini.

Menariknya, es dapat terbentuk meskipun suhu berada di atas titik beku, karena suhu resmi diambil dari layar instrumen yang terpasang sekitar 1 meter di atas permukaan tanah. Suhu tanah, yang biasanya lebih rendah, menjadi kunci pembentukan es yang menciptakan pemandangan indah di kota.

Seperti dikutip dari Korean Times, embun beku juga melanda Seoul dan Suwon, selatan ibu kota, sekitar 11 hari lebih lambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kota pusat Cheongju, bersama dengan kota-kota selatan seperti Gwangju, Daegu, dan Jeonju, menyaksikan turunnya salju pertama pada musim gugur ini, menambah pesona musim dingin yang tiba dengan tanda-tanda yang terlambat.

Suhu yang turun di bawah nol mencapai banyak wilayah, termasuk Daegwallyeong Pass, wilayah pegunungan di Korea Timur, dan Kabupaten Cheongsong di Provinsi Gyeongsang Utara, yang mengalami penurunan suhu hingga 4,6 derajat Celcius pagi ini. Beberapa provinsi lainya seperti ChungCheong Utara dan Gyeonggi juga mencatat suhu di bawah nol, masing-masing minus 3,3 derajat Celcius dan minus 3,1 derajat Celcius.

Sementara suhu terendah harian di kota-kota besar lainnya tercatat pada angka 3 derajat Celcius di Incheon 1,4 derajat Celcius di Daejeon, 3,6 derajat Celcius di Gwangju, dan 8,1 derjata Celcius di Busan pada pukul 8 pagi.

Diperkirakan suhu akan meningkat pada siang hari, mencapai tingkat rata-rata tahunan dengan kisaran suhu tertinggi antara 14 hingga 20 derajat Celcius. Namun, akhir pekan diprediksi akan diwarnai dengan suhu yang lebih dingin lagi, setelah hujan turun dari Kamis sore hingga Jumat pagi, membawa udara dingin dari Utara ke arah Selatan.

Dengan suhu terendah pagi diperkirakan berkisaran antara minus 3 derajat Celcius hingga 7 derajat Celcius, dan suhu pada siang hari berkisar 6 hingga 17 derajat Celcius, masyarakat diundang untuk menikamti pesona musim dingin yang tiba dengan lambat di Seoul dan sekitarnya.

Share

Seoul

Comments

Related Posts