Empat Mahasiswa dan Empat Pelajar SMA Menangkan Lomba Esai 50 Tahun Indonesia-Korsel

Empat Mahasiswa dan Empat Pelajar SMA Menangkan Lomba Esai 50 Tahun Indonesia-Korsel
Aqila Azzra Chairani dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, menerima pelakat pemenang pertama lomba menulis esai 50 tahun Indonesia-Korea Selatan.

Sebanyak empat siswa SMA sederajat dan empat mahasiswa memenangkan lomba menulis esai yang diselenggarakan KoreaKini.id. Lomba itu digelar dalam rangkaian peringatan 50 tahun hubungan Republik Korea atau Korea Selatan dan Republik Indonesia.

Pemenang lomba menulis esai diumumkan di arena seminar internasional bertema "Fly Together for Another 50 Years: Upgrading Indonesia-Korea Relations in Economy, Politics, Culture, and Defense" yang diselenggarakan di Roemah Djan di Jakarta Pusat, Selasa (5/12).

Seminar yang dibuka Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa ini dihadiri Dubes Korea Selatan Lee Sang-deok dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Djan Faridz. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang berhalangan hadir mengirimkan pesan melalui video rekaman.

Ketika mengumumkan hasil lomba menulis esai, Ketua Dewan Juri Ovi Shofianur dari Farah.id mengatakan, panitia memberikan dua pilihan tema untuk kategori mahasiswa. Pertama, "Nurturing Alternative Economy: Green Economy and Syariah Economy" dan kedua, "Guarding the Free and Open Indo-Pacific".

Kedua tema ini juga merupakan topik yang dibahas dalam seminar internasional tersebut.

Sementara untuk kategori siswa SMA, tema yang dipilihkan adalah "What do you know about Korea?".

Esai dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan maksimal 1.000 kata.

Batas waktu pengiriman esai adalah pada 26 November lalu. Adapun penilaian dilakukan dari tanggal  27 November sampai 4 Desember.

Ovi Shofianur menambahkan, untuk kategori siswa SMA dan sederajat ada lima indikator penilaian. Kelimanya adalah originalitas, format penulisan, kesesuaian dengan tema, tata bahasa, dan analisa.

Sementara untuk kategori mahasiswa, selain lima indikator tersebut, ada indikator tambahan yakni urgensi atau arti penting isu yang diambil.

Pemenang setiap kategori mendapatkan sertifikat dan uang tunai masing-masing Rp 2 juta untuk pemenang pertama, Rp 1,5 juta untuk pemenang kedua, Rp 1 juta untuk pemenang ketiga, dan Rp 500 ribu untuk pemenang favorit.

Adapun pemenang pertama untuk kategori siswa SMA sederajat adalah Alfan Raihan dari SMKN 2 Kota Serang, Banten. Ia menulis esai berjudul “Halal Travel: Upaya Korea Selatan Tarik Wisatawan Muslim Dunia”.

Sementara pemenang pertama untuk kategori mahasiswa adalah Aqila Azzra Chairani dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta yang menulis esai berjudul "Effectuating Green Economy In Public Policy, Through People To People Diplomacy".

Hadiah untuk para pemenang yang hadir secara langsung dalam pengumuman juara disampaikan oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, Pimred KoreaKini.id Yunilawati, dan Ovi Shofianur selaku perwakilan Dewan Juri.

Daftar pemenang kategori siswa SMA sederajat:

Pemenang 1: Alfan Raihan dari SMKN 2 Kota Serang
Pemenang 2: Lusiana dari SMAN 7 Kota Serang
Pemenang 3: Annisa Azzahra Siregar dari SMA Mathla'ul Huda Parungpanjang Bogor
Pemenang Favorit: Endah Septiana Kamal dari SMKN 23 Jakarta.

Daftar pemenang kategori mahasiswa:

Pemenang 1: Aqila Azzra Chairani dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Pemenang 2: Rafa Alifiya Majid dari Universitas Brawijaya
Pemenang 3: Judika Azharya dari Universitas Negeri Jakarta
Pemenang Favorit: Arwinda Audiary S. dari LSPR Jakarta

Share

Teguh Santosa

Comments

Related Posts