Cerita Ali An Sungeun tentang Prinsip dan Sifat Orang Korea yang Membuahkan Keajaiban

Cerita Ali An Sungeun tentang Prinsip dan Sifat Orang Korea yang Membuahkan Keajaiban
Dr. Ali An Sungeun (kiri) dalam diskusi yang digelar secara hybrid bertema "ASEAN-Korea Cooperation Onwards: Outlining ROK’s Advanced Policy in ASEAN", Selasa 2 November/RMOL

Sudah sejak lama Indonesia dan Korea Selatan menjalin hubungan baik dan saling membantu di berbagai bidang. Generasi muda Indonesia dalam dekade belakangan ini semakin menggandrungi kebudayaan Korea.

Ada alasan yang kuat mengapa Korea yang sempat hancur pasca Perang Dunia Kedua bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan perkembangan budaya. Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Dr. Ali An Sungeun, menjelaskan, hal itu dimungkinkan karena bangsa Korea memiliki karakteristik yang khas, antara lain pekerja keras yang berorientasi pada kemajuan.

Tema pembangunan dan kemajuan dimasukkan ke alam pikiran bangsa Korea sejak usia dini. Ia masih ingat, misalnya, ketika masih duduk di bangku sekolah dasar di negeri ginseng, ia dan teman-temannya sudah akrab dengan lagu yang menggambarkan kebijakan pembangunan ekonomi pemerintahan Park Chunghee yang dikenal dengan nama Saemaul Undong yang artinya kira-kira gerakan pembaruan desa.

Dr. Ali yang berbicara di diskusi bertema "ASEAN-Korea Cooperation Onwards: Outlining ROK’s Advanced Policy in ASEAN" yang digelar Selasa (2/11) di Roemah Djan, Jakarta, menjelaskan, kini "budaya baru" Korea itu terbukti telah menjadi energi utama yang mendorong pembangunan dan perkembangan Korea Selatan sehingga diakui dunia luas.

Dr. Ali menambahkan, tadinya tidak sedikit orang yang pesmistis melihat situasi di Korea pasca perang. Sejarawan dari Yale University, Paul Kennedy, di antara yang takjub melihat fenomena Korea hari-hari ini. Menurut Paul Kennedy, seperti dikutip Dr. Ali, semestinya Korea hilang dari peta dunia.

Namun, hari ini terbukti bukan hanya bertahan, Korea menjadi salah satu negara yang "mencengangkan" dan bisa menyaingin negara-negara di kawasan, terutama Jepang, Rusia, dan China.

Share

Ali An SungeunRMOL

Comments

Related Posts