Presiden Yoon Suk Yeol Desak Perluas Jaringan Kereta Komuter GTX

Presiden Yoon Suk Yeol Desak Perluas Jaringan Kereta Komuter GTX
Kereta di Korea Selatan/KTX

Transformasi pada sistem transportasi komuter di wilayah metropolitan Seoul disebut Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, sudah sangat mendesak. Hal ini disampaikannya pada debat pemerintah dengan publik terkait masalah mata pencaharian. Yoon menginginkan untuk memperluas jaringan kereta ekspres dan menambah jalur bus baru, termasuk bus tingkat.

Dalam debat yang berlangsung di Balai Kota Uijeongbu, Yoon menegaskan bahwa transportasi sama pentingnya dengan perumahan dan keduanya secara efektif merupakan satu kesatuan.

Yoon Suk Yeol menguraikan rencana memperluas jaringan kereta komuter Great Train Express (GTX), yang menghubungkan berbagai titik penting di Seoul dan sekitarnya. Jalur GTX-A dijadwalkan beroperasi tahun ini dan jalur GTX-B pada 2030. Keduanya menghadirkan konektivitas yang lebih baik dari Gangnam hingga Namyangju.

Di sini, Yoon berkomitmen untuk melibatkan lebih banyak wilayah dengan perpanjangan jalur ke Pyeongtaek, Chuncheon, Dongducheon, Cheonan, dan Asan.

“Ketika semua jalur dari A ke F selesai, perjalanan dari wilayah ibu kota ke pusat kota Seoul akan berkurang menjadi 30 menit,” tegas Yoon.

Jika berhasil, ia berjanji untuk memperluas layanan kereta berkecepatan tinggi "x-TX" ke empat wilayah metropolitan lainnya.

Untuk mengatasi tantangan transportasi di luar Seoul, Presiden Yoon berkomitmen untuk menginvestasikan 11 triliun won (US$8,2 miliar) dalam proyek-proyek yang tertunda dan pembangunan jalur bus baru di jalan tol, sembari memperkenalkan bus listrik tingkat dua.

Langkah-langkah ini diharapkan akan merangsang pertumbuhan ekonomi di kota-kota baru di sekitar Seoul dan membawa dampak positif pada kualitas hidup masyarakat.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts