Rilis Bahaya Tusuk Gigi Pati Goreng, Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan: Itu Produk Sanitasi!

Rilis Bahaya Tusuk Gigi Pati Goreng, Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan: Itu Produk Sanitasi!
Ilustrasi makanan dengan tusuk gigi yang digoreng/YouTube Hira Khawaja

Tusuk gigi pati goreng belakangan ini kian popular di masyarakat Korea. Apalagi setelah muncul tren mukbang yang merajalela di dunia maya. Banyak anak dan remaja yang kemudian menggunggah video serupa di akun media social mereka, terutama di YouTube.

Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan sangat menyayangkan hal ini, karena ternyata konsumsi tusuk gigi pati goreng sangat berbahaya bagi konsumen, apalagi jika dikonsumsi dalam waktu panjang.

Menurut Kementerian, tusuk gigi termasuk dalam kategori produk sanitasi, bukan makanan, dan belum dipastikan keamanannya untuk dikonsumsi. Kementerian meresponnya sebagai tindakan berbahaya. Mereka menekankan bahwa tusuk gigi pati terbuat dari tepung maizena atau tepung kentang yang dicampur dengan sorbitol dan tawas, serta bahan-bahanyang bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Sorbitol, sejenis gula alkohol, dan tawas merupakan senyawa kimia dalam baking powder. Kedua bahan ini dapat menyebabkan muntah diare, dan peradangan.

Dalam penekanannya, Kementerian memastikan bahwa produk sanitasi seperti tusuk gigi telah diatur standar komponen, metode pembuatan, dan penggunaannya, namun tetap menyarankan agar tusuk gigi bertepung tidak dikonsumsi karena belum dipastikan aman.

Peringatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat memahami risiko yang terkait dengan tren mukbang menggunakan produk yang seharusnya hanya digunakan sebagai alat sanitasi.

Sementara, orang tua yang telah mengetahui hal ini menjadi prihatin dengan tingkah laku anak-anak yang selalu mengedepankan tren. Bahkan ketika beberapa anak meminta kentang goreng tusuk gigi setelah menontonnya di YouTube.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts