Korea Utara Klaim Berhasil Memotret Kapal Nuklir AS Lewat Satelit Pengintai

Korea Utara Klaim Berhasil Memotret Kapal Nuklir AS Lewat Satelit Pengintai
Presiden Korea Utara Kim Jong-un/Getty Images

Sabtu ini (25/11) Korea Utara menyatakan bahwa satelit pengintai yang baru saja diluncurkan telah berhasil mendokumentasikan gambar kapal induk bertenaga nuklir AS, USS Carl Vinson, dan pusat komando militer AS di Hawaii. Klaim ini menjadi sorotan utama setelah Korean Central News Agency (KCNA) milik pemerintah melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Pusat Kontrol Umum Administrasi Teknologi Dirgantara Nasional Pyongyang.

Satelit yang telah diluncurkan pada Selasa (21/11) itu berhasil memotret target militer dan industri di Korea Selatan, termasuk kota-kota strategis seperti Jinhae, Busan, Ulsan, Pohang, Daegu, Gangneung, dan Gangwon. KCNA menyebutkan waktu satelit melintas di atas Semenanjung pada pukul 09.59 hingga 10.02 pagi waktu setempat.

Klaim yang paling mencolok adalah pemotretan supercarrier kelas Nimitz USS Carl Vinson yang baru-baru ini berlabuh di pangkalan militer di Busan. Kunjungan USS Carl Vinson ke Busan bersamaan dengan peluncuran satelit pengintai oleh Korea Utara.

Kantor berita Korea Utara melaporkan bahwa satelit tersebut berhasil memotret pangkalan militer utama AS, termasuk Pangkalan Angkatan Udara Hickam di Oahu, Hawaii, pada Sabtu (25/11) pukul 05.13 pagi waktu setempat.

Menariknya, klaim satelit telah merekam gambar pangkalan militer utama AS dan Korea Selatan diutarakan sehari sebelumnya,. Namun, hingga saat ini Korea Utara belum mempublikasikan gambar-gambar yang diambil dari satelitnya. Ini meninggalkan ketidakpastian dan spekulasi.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts