Menteri Keuangan Korea Selatan Janjikan Langkah Proaktif untuk Meningkatkan Investasi Asing

Menteri Keuangan Korea Selatan Janjikan Langkah Proaktif untuk Meningkatkan Investasi Asing
Choo Kyung-ho bersama David Schwimmer saat berada di Londong Stock Exchange, Inggris/The Korea Post

Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho, memimpin inisiatif baru untuk meningkatkan akses investor asing ke pasar negaranya dan menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan bagi investasi perusahaan. Janji ini disampaikannya dengan penuh semangat dalam upacara pembukaan pasar di Bursa Efek London, Kamis (23/11), dalam rangka kunjungan empat hari bersama Presiden Yoon Suk Yeol.

Dalam momen bersejarah ini, Choo menjadi tokoh pemerintah Korea Selatan pertama yang menghadiri upacara harian di Bursa Efek London. Kehadirannya menunjukkan komitmen tinggi Korea Selatan dalam memperkuat kemitraan ekonomi dan keuangan dengan Inggris.

"Korea Selatan akan menjelajahi jalur kerjasama ekonomi dan keuangan baru yang dibentuk setelah KTT ini untuk menciptakan situasi investasi yang menguntungkan bagi perusahaan dan lembaga keuangan kedua negara," yakin Choo.

Dalam pidatonya, Menteri Keuangan juga memaparkan langkah-langkah konkrit yang diambil oleh Korea Selatan untuk menarik investor asing. Salah satunya memperbolehkan partisipasi perusahaan asing di pasar valuta asing domestik dan merangsang perpanjangan jam operasional pasar.

Sebelum upacara, Choo melakukan pertemuan strategis dengan David Schwimmer, CEO London Stock Exchange Group (LSEG), untuk membahas dukungan terhadap upaya Korea Selatan masuk dalam Indeks Obligasi Pemerintah Dunia (WGBI). Untuk diketahui, Korea Selatan telah berada dalam daftar pantauan sejak September 2022 untuk potensi peningkatan pasar obligasi pemerintahnya di WGBI FTSE Russell, anak perusahaan LSEG.

Schwimmer mengakui upaya positif Korea Selatan dan berjanji untuk terus memantau serta mendukung masuknya negara tersebut ke dalam WGBI. Langkah-langkah ini membuat Korea Selatan semakin menancpkan posisinya dalam panggung global untuk menarik minat investor internasional ke pasar keuangannya yang sedang berkembang pesat.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts