Drama Perundingan Terakhir: Pertarungan Antara Buruh dan Manajemen Seoul Metro

  Drama Perundingan Terakhir: Pertarungan Antara Buruh dan Manajemen Seoul Metro

Dalam suasana yang penuh dramatisme, buruh dan manajemen Seoul Metro bersiap untuk perundingan terakhir mengenai rencana kontroversial pengurangan tenaga kerja.

Sebuah pertempuran yang dapat mengguncang jalur kereta bawah tanah 1-8 tampaknya tak terhindarkan, dengan perundingan ini diadakan pada menit-menit terakhir, hanya sehari sebelum ancaman pemogokan umum yang digulirkan oleh serikat pekerja.

Pembicaraan terakhir ini, yang dijadwalkan di kantor pusat perusahaan di Seoul timur pukul 16.00, menciptakan ketegangan yang terasa di udara, menurut sumber dari serikat pekerja dan pejabat perusahaan.

Serikat pekerja terbesar, yang tergabung dalam payung militan Konfederasi Serikat Pekerja Korea (KCTU), telah mengumumkan ancaman mogok kerja tanpa batas waktu pada hari Rabu sebagai respons terhadap rencana perampingan perusahaan.

Aksi mogok "peringatan" selama dua hari awal bulan ini telah menjadi tanda serius protes terhadap upaya perusahaan, yang dikelola oleh pemerintah kota, untuk mengurangi tenaga kerja sebesar 13,5 persen, atau 2.212 karyawan, pada tahun 2026.

Dalam suasana defisit kumulatif sebesar 18,4 triliun won atau setara 14 miliar dolar AS, Seoul Metro membenarkan rencananya dengan menyatakan bahwa perampingan menjadi keniscayaan untuk menormalkan manajemen. Namun, serikat pekerja membela stand mereka, mengklaim bahwa pengurangan tenaga kerja secara drastis dapat membawa konsekuensi serius terhadap keselamatan.

Pemogokan umum, jika terjadi, diprediksi hanya melibatkan serikat pekerja yang berafiliasi dengan KCTU, yang merupakan serikat pekerja terbesar. Dua serikat pekerja lainnya dikabarkan tidak akan ikut serta dalam mogok kerja, menunjukkan ketidaksetujuan dalam tubuh serikat pekerja itu sendiri.

Pemerintah kota Seoul dan Seoul Metro telah mengeluarkan janji untuk menanggapi pemogokan ilegal dengan tegas, menganut prinsip-prinsip tanpa toleransi dan mengatakan "tidak ada pekerjaan tanpa bayaran. Masyarakat pun dihadapkan pada pertarungan yang memanas, dengan kekhawatiran akan berdampak terhadap layanan transportasi dan keamanan publik.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts