Nenek Kim Jeongja Calon Mahasiswa Tertua Dalam Sejarah

Nenek Kim Jeongja Calon Mahasiswa Tertua Dalam Sejarah

Seorang nenek berusia 83 tahun menjadi peserta ujian CSAT (Tes masuk Perguruan Tinggi). Nenek Kim Jeongja tercatat sebagai siswa Iiseong Girl Middle and High School. Ini adalah sekolah khusus untuk para wanita lansia yang di masa muda  tidak sempat sekolah karena berbagai alasan.

Pada tahun 2019, Nenek Kim Jeongja pernah tampil di acara Yoo Quiz dan di tahun itu juga ia memutuskan untuk menjadi siswa SMA kembali.

Di acara Yoo Quiz Ia mengungkapkan perjalanannya ke sekolah, dengan mengatakan, "Saya harus meninggalkan rumah pada pukul 6.30 karena punggung saya bengkok dan saya tidak bisa berjalan dengan baik."

“Menantu perempuan saya membelikan saya tas sekolah,” sambungnya.

Ia tumbuh saat perang Korea dan merupakan anak tertua dari delapan bersaudara. Saat perang ia mengungsi ke Goeje, sebuah kota di Provinsi Gyeongsang Selatan. Saat perang selesai rumah keluarga nenek Kim Jeongja lenyap akibat terkena bom. Di umurnya yang baru belasan ia harus bekerja untuk membiayai ketujuh adiknya.

Saat mengantar anaknya ke bandara untuk terbang ke Amerika Serikat Ia banyak menangis, dan mengatakan, “Saya ibu yang bodoh, saya tidak tahu pintu masuk anak saya. Jangankan bahasa Inggris, baca tulis saja saya tidak bisa.”

Seperti dikutip dari Naver, Nenek Kim Jeongja menemukan sekolah Iiseong Girl saat dirinya melihat kipas yang di temukan di jalan.

Ia mendatangi sekolah tersebut dan betapa bahagianya ia melihat banyak para lansia yang senasib dengannya. Meskipun terlambat, netizen bersorak untuk menyambut kabar baik dari Nenek Kim Jeonja, yang menjadi peserta ujian tertua karena penuh semangat dibandingkan dengan orang lain.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts