138 Tahun Beroperasi, Layanan Telegraf di Korea Pun Diakhiri

138 Tahun Beroperasi, Layanan Telegraf di Korea Pun Diakhiri

Setelah beroperasi selama 138 tahun, perusahaan telekomunikasi KT  yang terkemuka di Korea mengumumkan rencana mengakhiri layanan telegraf domestik  bulan Desember mendatang.

Tanggal 2 November lalu, KT mengumumkan sebanyak 115 layanan telegraf domestik akan resmi berakhir pada tanggal 15 Desember. Korea Times melaporkan, penutupan dilakukan karena semakin sedikit yang menggunakan jasa layakan komunikasi mereka.

"Lalu lintas turun drastis setiap tahun karena perubahan lingkungan pasar komunikasi, sehingga perusahaan tidak akan melanjutkan layanan ini karena meningkatnya kerugian,” tulis KT.

Sebelumnya, pada 8 April 2018 lalu KT lebih dahulu menghentikan layanan telegraf internasional.

Telegraf pertama kali diperkenalkan di Korea pada tahun 1885. Sepanjang abad 19 dan 20 telegraf merupakan cara utama menyampaikan berita jarak jauh.

Penggunaan telegraf secara bertahap menurun seiring dengan popularitas email dan ponsel yang dimulai pada era 1990an.

Sejumlah negara juga telah jauh-jauh hari meninggalkan telegraf. Layanan telegraf fi Inggris, misalnya, berakhir tahun 1982. Di Amerika Serikat layanan telegraf diakhiri pada  tahun 2006. Sementara Jerman berhenti menggunakan telegraf pada 1 Januari 2023.

Fenomena ini mencerminkan evolusi teknologi komunikasi yang tengah terjadi di seluruh dunia menuju bentuk komunikasi yang lebih canggih dan efisien.
 

Share

Seoul

Comments

Other Posts