Bangkit dari Mati Suri, Myeong-dong Hidup Kembali

Bangkit dari Mati Suri, Myeong-dong Hidup Kembali
Kawasan perbelanjaan Myeong-dong.

Kawasan perbelanjaan Myeong-dong yang sempat mengalami penurunan drastis di era pandemi, kini kembali bangkit. . Wisatawan mancanegara yang mengunjungi negeri ginseng kembali meramaikan distrik di Seoul itu sejak pandemi mereda dan kebijakan karantina serta aturan jaga jarak sosial di seluruh Korea diakhiri pada April tahun lalu.

Jumlah wistawan yang mengunjungi Korea Selatan pada paruh pertama 2023 ini tercatat berada pada kisaran 5,4 juta. Angka ini sekitar 53 persen dari paruh pertama 2019 sebelum pandemi melanda.

Nilai penjualan di distrik itu pun melonjak hingga 27 persen dalam paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Korea Times mencatat, tingkat kekosongan di Myeong-dong menurun menjadi 14,3 persen selama kuartal kedua tahun ini.  Ini adalah tingkat kekosongan terendah sejak Covid-19.

Transformasi  lanskap di sekitar Myeong-dong menjadi salah satu indikator nyata dari pemulihan distrik ini. Banyak restoran, bar, pedagang kaki lima, dan toko-toko fashion hingga kosmetik melakukan  renovasi, menandai investasi baru yang mengalir ke distrik tersebut.

Sektor ritel yang paling mencolok adalah kosmetik, yang sebelumnya memeriahkan jalanan Myeong-dong sebelum pandemi.

Olive Young, yang dikelola oleh CJ Group membuka toko terbesarnya pekan lalu, mengindikasikan optimisme terhadap peningkatan kunjungan turis asing. Basis pelanggan toko yang semula didominasi oleh wisatawan asing kini semakin bervariasi, dengan pembeli dari Asia Tenggara, Eropa, dan negara-negara lainnya yang mulai berdatangan.

Able C&C, pemilik merek kosmetik Missha, mencatat peningkatan laba bersih hingga empat kali lipat di Myeong-dong Megastore selama paruh pertama tahun ini. Renovasi toko dan peningkatan penjualan harian sebesar 40 persen dari bulan sebelumnya menandai kesuksesan langkah ini.

Berkat perkembangan positif ini, Nature Republic dan Lotte Duty Free juga berpartisipasi dalam kebangkitan Myeong-dong dengan melakukan renovasi toko dan meluncurkan showroom baru, menandakan bahwa Myeong-dong kini menjadi daya tarik investasi yang semakin kuat.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts