HUT Emas Korsel-Indonesia, KoreaKini Gelar Lomba Esai untuk Siswa SMA dan Mahasiswa

HUT Emas Korsel-Indonesia, KoreaKini Gelar Lomba Esai untuk Siswa SMA dan Mahasiswa

Hubungan bilateral yang dijalin Indonesia dan Korea Selatan telah memasuki tahun emas. Keduanya memperingati 50 tahun hubungan diplomatik yang sudah terjalin sejak 18 September 1973.

Berbagai pencapaian telah diraih oleh kedua negara, baik di bidang ekonomi, politik, pertahanan, hingga sosial dan budaya. Keduanya bahkan meningkatkan hubungan ke level Kemitraan Strategi Khusus.

Tidak sampai di situ, Korea Selatan dan Indonesia juga tampaknya memiliki banyak target untuk mempererat kerjasama kedua negara. Terlihat dari tagline HUT ke-50 keduanya, yaitu "Closer Friendship, Stronger Partnership".

Untuk memperingati HUT emas ini, KoreaKini menggelar Essay Writing Competition untuk kategori siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa. Lomba ini memiliki tema "Fly Together for Another 50 Years".

Ketua Penyelenggara, Yunilawati menuturkan lomba esai digelar untuk mempromosikan dan meningkatkan pengetahuan siswa dan mahasiswa tentang kerjasama bilateral yang selama ini terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Lomba ini dimaksudkan agar mahasiswa bisa mengasah kemampuan analisis dan critical thinking terhadap isu-isu yang berkembang, khususnya seputar kerjasama Korea Selatan dan Indonesia," kata Yunilawati.

Dijelaskan Yunilawati, subtema untuk perlombaan esai dibedakan berdasarkan kategori.

Untuk kategori mahasiswa, terdapat dua subtema yang bisa dipilih peserta, yaitu "Nurturing Alternative Economy: Green Economy and Syariah Economy" dan "Guarding the Free and Open Indo-Pacific".

Sementara untuk kategori siswa SMA, subtema yang diangkat adalah "What do you know about Korea?".

Esai dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dengan maksimal 1.000 kata. Setiap peserta diwajibkan mengirimkan karya beserta kartu identitas siswa atau mahasiswa melalui https://bit.ly/FLYWritingCompetition.

Adapun batas waktu pengiriman esai pada 26 November 2023 pukul 23.59 WIB.

"Peserta dipersilakan mengirim lebih dari satu artikel hingga batas waktu yang ditentukan," kata Yunila.

Setelah itu, karya yang telah dikirim akan melalui proses penilaian yang berlangsung dari 27 November hingga 4 Desember 2023.

Kemudian pemenang akan diumumkan secara langsung selama Seminar Internasional "Fly Together for Another 50 Years: Upgrading Indonesia-Korea Relations in Economy, Politics, Culture, and Defense" yang diselenggarakan KoreaKini pada 5 Desember 2023.

Seminar akan berlangsung di Roemah Djan, Jalan Talang No. 3, Jakarta Pusat.

Setiap kategori lomba akan memiliki empat pemenang. Juara pertama akan mendapat hadiah berupa sertifikat dan uang tunai sebesar Rp 2 juta. Juara kedua menerima Rp 1,5 juta dan sertifikat. Juara ketiga mendapat Rp 1 juta dan sertifikat, dan esai favorit berhadiah Rp 500 ribu dan sertifikat.

Partisipan lomba yang belum menang juga bisa mendapat sertifikat.

Selain diskusi dan pengumuman pemenang lomba esai juga akan dimeriahkan dengan fashion show dan penampilan taekwondo anak-anak.

Share

BK BukopinLee Wu-yeol

Comments

Other Posts