Sebelas Wartawan Korea Selatan Kunjungi Bali untuk Perkuat Saling Pengertian

Sebelas Wartawan Korea Selatan Kunjungi Bali untuk Perkuat Saling Pengertian
Delegasi wartawan Korea Selatan di Bali.

Rombongan wartawan Korea Selatan kembali mengunjungi Indonesia sebagai bagian dari kerjasama antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Journalist Association of Korea (JAK). Delegasi JAK tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada tengah malam Minggu (5/11).

Rombongan yang berjumlah 11 wartawan ini dipimpin langsung oleh Presiden JAK, Kim Dong-hoon dan langsung disambut oleh Wakil Ketua Bidang Luar Negeri PWI, Petty Fatimah; Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra; Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN PWI, Widian Vebriyanto; dan Pemimpin Redaksi Bali Post, I Wayan Dira Arsana; dan segenap jajaran Bali Post.

Dalam sambutannya, Petty Fatimah menyebut acara ini bagian dari upaya meningkatkan persaudaraan, koneksi, dan kerja sama wartawan kedua negara dan telah dilakukan berkali-kali.

"Media dan wartawan di Korea dan Indonesia berupaya mencapai tujuan yang sama, yaitu menciptakan pers yang bebas dan bertanggung jawab, serta mampu bertahan dalam menghadapi disrupsi internet dan teknologi digital," kata Petty Fatimah.

Sementara itu, Kim Dong-hoon berharap hubungan PWI dan JAK bisa terus terjalin secara harmonis melalui pertukaran informasi kedua negara. Kunjungan langsung seperti saat ini pun diharapkan bisa semakin memberi pemahaman wartawan Korea tentang Indonesia. Begitu juga sebaliknya.

"Kami berharap hubungan ini bisa terus berlanjut dan harmonis," kata Kim Dong-hoon.

Di tempat yang sama, I Wayan Dira Arsana menyambut baik kunjungan JAK ke kantornya. Sekjen PWI Bali itu merasa senang JAK bisa berkunjung ke Bali, kota yang sedang mengalami demam Korea di kalangan anak muda.

"Antusiasme generasi muda di Bali terhadap K-Pop dan drama Korea sangat tinggi. Ini terlihat dari semakin banyaknya anak muda Bali yang mengambil jurusan sastra Korea," tutupnya.

Sebagai tuan rumah kunjungan JAK, IGMB Dwikora Putra menjelaskan bahwa rombongan ini akan berada di Bali hingga Kamis (9/11). JAK kemudian akan terbang ke Jakarta untuk bertemu Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan melakukan media tour hingga Sabtu (11/11).

Total ada 12 peserta dalam kunjungan tersebut. Dengan rincian, 11 orang tiba pada Minggu malam (5/11) dan 1 orang menyusul pada Selasa malam (7/11). Selama di Bali, mereka menginap di Hotel Truntum Kuta Bali, yang berada persis di bibir Pantai Kuta.

"Hari ini kami ajak mengunjungi Bali Post, menikmati Danau Bedugul, dan dilanjut sunset di Tanah Lot. Setelah dari Tanah Lot, kami akan dijamu di Pemda Tabanan," tutup Dwikora.

Share

PWIJAK

Comments

Other Posts