Mantan Dubes Korut Membelot Ke Korsel Selama Setahun

Mantan Dubes Korut Membelot Ke Korsel Selama Setahun
Mantan Dubes Korea Utara untuk Inggris, Tae Yong-ho, yang membelot ke Korea Selatan

Seorang diplomat senior Korea Utara dilaporkan telah membelot ke Korea Selatan bersama keluarganya.

Ia adalah Ryu Hyun Woo, pernah menjadi Duta Besar Korea Utara untuk Kuwait. Ia berada di Korea Selatan sejak September 2019 bersama keluarnya untuk mencari suaka, tetapi keberadaannya dirahasiakan hingga saat ini.

Pembelotan Ryu dilaporkan oleh surat kabar Maeil Business pada Senin (25/1) dan dikutip AFP.

"Saya memutuskan untuk membelot karena saya ingin memberikan masa depan yang lebih baik untuk anak saya," tulis surat kabar tersebut, mengutip pernyataan Ryu.

Ryu menjadi penjabat Duta Besar untuk Kuwait pada September 2017, setelah pendahulunya So Chang Sik diusir terkait resolusi PBB atas program senjata Korea Utara.

Maeil Business dalam laporannya menyebut Ryu adalah menantu Jon Il Chun. Jon merupakan mantan kepala Kantor 39 yang mengelola dana rahasia Korea Utara.

Pembelotan Ryu ke Korea Selatan hanya terjadi dua bulan setelah mantan penjabat Duta Besar Korea Utara untuk Italia, Jo Song Gil juga mencari suaka ke Seoul.

Menurut pembelot yang merupakan mantan Wakil Duta Besar Korea Utara untuk Inggris, Tae Yong-ho, Ryu merupakan bagian dari "elit inti" Pyongyang. Tae meninggalkan Korea Utara pada 2016 dan berhasil terpilih sebagai anggota parlemen Korea Selatan pada tahun lalu.

"Tidak peduli betapa istimewanya hidup Anda di Korea Utara, pikiran Anda berubah ketika Anda pergi ke luar negeri dan membuat perbandingan," ujar Tae.

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 30 ribu warga Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan dengan menyeberangi perbatasan dengan China.

Setelah Pyongyang memperketat keamanan di perbatasan karena pandemi Covid-19, jumlah pembelot menurun secara drastis.

Share

Korea Utara

Comments

Related Posts