Dubes AS, Sung Yong Kim, Dapat Tugas Baru di Kemlu

Dubes AS, Sung Yong Kim, Dapat Tugas Baru di Kemlu
Dubes Sung Yong Kim bersama mantan Menlu Mike Pompeo ketika menghadiri pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un di Singapura, Juni 2018/Net

Presiden Joe Biden memanggil pulang Dutabesar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Sung Yong Kim.

Alumi University of Pennsylvania dan Loyola Marymount University itu diberi posisi baru di Kementerian Luar Negeri.

Sung Yong Kim untuk sementara menempati posisi Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, menggantikan pejabat sebelumnya David R. Stilwell.

Sung Yong Kim yang lahir di Seoul tahun 1960 baru bertugas di Jakarta bulan Oktober 2020 lalu.

Sebelum bertugas di Jakarta, Sung Yong Kim lebih dahulu ditempatkan di pos Dubes AS untuk Filipina sejak 2016 sampai 2020.

Sebelum bertugas di Manila, Sung Yong Kim bertugas sebagai Perwakilan Khusus AS untuk Kebijakan Korea Utara dari tahun 2014 sampai 2016.

Pada tahun 2011 Presiden Barack Obama menugaskan Sung Yong Kim sebagai Dubes AS di Korea Selatan. Di negeri kelahirannya itu Sung Yong Kim bertugas sampai tahun 2014.

Dalam jabatan baru di Kementerian Luar Negeri ini Sung Yong Kim akan menjadi figur menentukan dalam perumusan kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap Korea Utara.

Sung Yong Kim merupakan salah seorang diplomat AS yang memiliki pengalaman tinggi dalam isu Korea. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Urusan Korea di Kemlu AS dari tahun 2006 sampai 2008, dan menjadi Utusan Khusus AS dalam Six Party Talk, pembicaraan mengenai denuklirisasi Korea Utara yang melibatkan Korea Utara, Korea Selatan, Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan Republik Rakyat China.

Share

Sung Yong KimJoe Biden

Comments

Other Posts