Korsel Temukan Tanda-tanda Korut Gelar Parade Militer Di Lapangan Kim Il Sung

Korsel Temukan Tanda-tanda Korut Gelar Parade Militer Di Lapangan Kim Il Sung
Parade militer di Pyongyang, Oktober 2020

Korea Selatan mengaku telah mendeteksi tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Korea Utara menggelar parade militer saat mengadakan Kongres ke-8 Partai Pekerja Korea (WPK) pada Minggu malam (10/1).

Tanda-tanda tersebut dideteksi oleh Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan yang melaporkan pada Senin (11/1), seperti dikutip dari Yonhap.

"Militer kami mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara mengadakan parade militer terkait dengan kongres partai di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang pada larut malam kemarin," kata JCS.

"Korea Selatan dan otoritas militer AS terus memantau mereka, termasuk kemungkinan kegiatan tersebut bisa menjadi latihan," tambah militer negeri ginseng itu.

Korea Utara dilaporkan mengadakan Kongres ke-8 WPK sejak Selasa (5/1). Selama Kongres, Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un mengatakan sedang mengembangkan sistem senjata baru seperti kapal selam bertenaga nuklir, hulu ledak canggih, dan senjata hipersonik.

Korea Utara sendiri terakhir kali mengadakan parade militer pada 10 Oktober 2020, memperingati hari ulang tahun ke-75 partai.

Share

Covid-19

Comments

Other Posts