Korea Selatan Kirim Delegasi Ke Iran, Bahas Pembebasan Kapal Tanker MT Hankuk Chemi

Korea Selatan Kirim Delegasi Ke Iran, Bahas Pembebasan Kapal Tanker MT Hankuk Chemi

Korea Selatan mengirim delegasinya ke Iran untuk  membahas permintaan pembebasan kapal tanker MT Hankuk Chemi yang disita oleh Teheran.

Pengiriman delegasi pada Rabu (6/1) itu sebagai tindak lanjut Seoul yang berupaya mendorong Teheran segera membebaskan kapal tanker bermuatan 7.200 ton etanol itu.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Selasa (5/1) sudah memanggil Duta Besar Iran untuk menyerukan pembebasan kapal dan 20 awaknya. Para awak sendiri terdiri dari warga negara Korea Selatan, Indonesia, Vietnam, dan Myanmar.

Pada awal pekan ini, Garda Revolusi Iran (IRGC) mengumumkan pihaknya telah menyita Hankuk Chemi di Teluk Persia karena pencemaran laut.

Dalam laporan yang disampaikan ke parlemen, Kementerian Luar Negeri Korea Selayan mengatakan pihaknya sedang meninjau apakah kapal tersebut melanggar hukum internasional dengan mencemari perairan, seperti yang diklaim oleh Teheran, tetapi juga apakah Iran melanggar selama proses naik dan penyitaan.

Penyitaan kapal Korea Selatan oleh Iran sendiri memunculkan kabar bahwa Teheran menggunakan kapal dan awak sebagai sandera untuk mendorong Seoul mencairkan dana yang dibekukan.

Akibat dari sanksi AS, dana Iran sebesar 7 miliar dolar AS dibekukan oleh bank-bank Korea Selatan. Teheran sendiri sudah menyampaikan permintaan pencairan agar dana itu dapat digunakan untuk membeli vaksin.

Share

Covid-19AstraZeneca

Comments

Other Posts