Korea Utara Siap Bangun Kembali Resor Wisata Gunung Kumgang, Simbol Pemersatu Dua Korea

Korea Utara Siap Bangun Kembali Resor Wisata Gunung Kumgang, Simbol Pemersatu Dua Korea

Korea Utara. tengah bersiap untuk membangun kembali kompleks wisata Gunung Kumgang yang digadang-gadang akan menjadi resor internasional.

Rencana pembangunan kembali resor tersebt diumumkan oleh media Korea Utara akhir pekan ini, dan dikabarkan ulang oleh Channel News Asia.

Resor Gunung Kumgang sendiri pernah menjadi simbol penting kerjasama antar dua Korea. Resor tersebut semula dibangun atas kerjasama dengan perusahaan Hyundai Asan Korea Selatan di Gunung Kumgang yang merupakan salah satu gunung paling indah di Korea Utara.

Pembangunan resor ini menarik ratusan ribu pengunjung dari Korea Sleatan dan menjadi simbol kuat hubungan dua Korea.

Namun, pada tahun lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menilai bahwa pembangunan resos tersebut kurang bagus sehingga justru menciptakan kesan bahwa resos tersebut lebih mirip dengan "tenda darurat" daripada resor.

Setelah satu tahun berlalu, pada Minggu (21/12), Kantor Berita Pusat Korea Utara melaporkan bahwa Perdana Menteri Korea Utara Kim Tok Hun, menekankan perlunya membangun kawasan wisata dengan cara kita sendiri. Tujuannya adalah untuk membangun resor budaya di Gunung Kumgang untuk membuat iri seluruh dunia.

Dia juga menyerukan agar daerah tersebut diubah menjadi resor turis internasional yang modern.

Meski begitu, belum jelas kapan pembangunan kembali resor tersebut akan dilakukan.

Namun diketahui bahwa Kompleks Gunung Kumgang pernah menjadi salah satu dari dua proyek antar-Korea terbesar, bersama dengan Kompleks Industri Kaesong yang sekarang sudah ditutup.

Share

Korea Utara

Comments

Related Posts