Pertemuan MIKTA, Puan Maharani: Penuhi Kebutuhan Vaksin Tidak Sepatutnya Mengorbankan Negara Lain

Pertemuan MIKTA, Puan Maharani: Penuhi Kebutuhan Vaksin Tidak Sepatutnya Mengorbankan Negara Lain

MIKTA Speakers Consultation kembali menggelar pertemuan tahunan. Pertemuan yang digelar secara virtual karena pandemi ini dipimpin oleh Majelis Nasional Korea Selatan pada Kamis (17/12).

Sejumlah tokoh hadir dalam pertemuan yang menghadirkan para pemimpin parlemen dari lima negara anggota MIKTA, di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop, wakil ketua Senat Meksiko Senator Jorge Carlos Ramirez Marin, wakil presiden Senat Australia Sue Lines.

Kelima negara membahas cara-cara untuk mengatasi masalah proteksionisme dan polarisasi yang berkembang selama pandemi Covid-19. Konferensi yang terdiri dari dua sesi tersebut mengangkat tema 'Lima Tahun Konsultasi Pembicara MIKTA: Tantangan di Era Pandemi" dan 'Kepemimpinan Parlemen yang Inklusif untuk Mereka yang Rentan Secara Sosial dalam Krisis Pandemi'.

Di sesi pertama, para pemimpin parlemen membagikan pandangan mereka tentang krisis dan tantangan baru yang dihadirkan Covid-19 kepada komunitas internasional. Ini termasuk kemampuan untuk menanggapi penyakit menular, distribusi yang adil dari vaksin dan perawatan, dan pentingnya pemulihan ekonomi dan kesetaraan gender.

"Kita harus meningkatkan dan memperkuat tata kelola kesehatan global saat ini yang dipimpin oleh WHO untuk mengatasi Covid-19 dan mempersiapkan keadaan darurat kesehatan serupa, dan ini membutuhkan kerja sama di antara negara-negara anggota MIKTA," kata Pembicara Park Byeong-seug dari Majelis Nasional Korea, seperti dikutip dari Korea Herald, Kamis (17/12).

"Sesuai kesepakatan MIKTA untuk menjadi jembatan antara negara maju dan negara berkembang dan antara dan antar wilayah yang berbeda, Konsultasi Pembicara MIKTA perlu mendukung upaya masyarakat internasional menuju pengembangan dan pemerataan vaksin dan terapi," lanjutnya.

Di Sesi kedua mereka berbagi pencapaian dan tugas parlemen masing-masing negara untuk mendukung berbagai orang yang kurang beruntung secara sosial, termasuk perempuan, lansia, penyandang disabilitas, pengungsi, orang yang hidup dalam kemiskinan dan wiraswasta.

Jorge Carlos Ramirez Marin dari Meksiko memperkenalkan beberapa tindakan yang telah diambil negaranya, termasuk pembelajaran jarak jauh melalui siaran televisi dan subsidi pemerintah untuk populasi yang rentan. Ia juga membahas status saat ini dan tantangan yang dihadapi para migran dari negara tetangga di Amerika Tengah.

Puan Maharani mengatakan, jika dunia ingin selamat dari pandemik, maka seluruh negara di dunia harus memiliki akses terhadap vaksin. Kita akan selamat jika setiap orang di dunia juga selamat.

Puan memperkenalkan ekspansi belanja negara untuk menyediakan perawatan kesehatan, sistem perlindungan sosial yang lebih kuat dan program pemulihan ekonomi nasional.

"Banyak negara berkompetisi untuk mendapatkan akses terhadap vaksin. Memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri merupakan hal yang utama, namun hal ini tidak sepatutnya dilakukan dengan mengorbankan negara lain," kata Puan.

Di akhir pertemuan, kelima negara mengadopsi pernyataan bersama yang mengakui tantangan umum seperti proteksionisme, pengangguran dan diskriminasi yang disorot oleh pandemi.

Diluncurkan pada 2013, MIKTA adalah badan konsultatif yang terdiri dari lima kekuatan menengah - Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia - yang berbagi nilai-nilai inti demokrasi dan ekonomi pasar bebas.

Sejak 2015, masing-masing dari lima negara anggota telah menyelenggarakan satu pertemuan dengan Korea sebagai ketuanya. Tahun ini Ketua Majelis Nasional Park Byeong-seug mendapat giliran memimpin diskusi.
 

Share

MIKTAPuan Maharani

Comments

Other Posts