Korut Bebas Corona Diragukan Menlu Korsel, Kim Yo Jong Marah

Korut Bebas Corona Diragukan Menlu Korsel, Kim Yo Jong Marah
Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong/Net

Pernyataan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha yang meragukan tindakan pencegahan Covid-19 di Korea Utara membuat geram adik pemimpin Kim Jong Un, Kim Yo Jong.

Sebuah pernyataan yang dirilis oleh KCNA pada Rabu (9/12) menunjukkan, Kim mengecam pernyataan Kang. Ia juga memperingatkan Kang bahwa pernyataan tersebut dapat memperburuk hubungan dengan Pyongyang yang sudah membeku.

"Hal itu dapat dilihat dari pernyataan sembrono yang dibuat olehnya tanpa mempertimbangkan konsekuensi bahwa dia terlalu bersemangat untuk lebih mendinginkan hubungan yang sudah membeku antara utara dan selatan," ujar Kim.

"Kami tidak akan pernah melupakan kata-katanya dan dia mungkin harus membayar mahal untuk itu," tambah dia.

Dalam sebuah forum di Bahrain pada pekan lalu, Kang mengatakan Pyongyang tidak menanggapi ajakan Seoul untuk bekerja sama melawan virus lintas batas.

Dimuat Yonhap, Kang juga mengungkap keraguannya terhadap klaim Korea Utara yang tidak memiliki kasus Covid-19.

Sejak awal pandemi, Korea Utara telah meningkatkan kewaspadaan dan memperketat perbatasannya untuk menghentikan masuknya virus corona.

Korea Utara bahkan menolak bantuan dari luar karena dapat berpotensi meningkatkan risiko terkena wabah.

Seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 di luar negeri, Korea Utara juga terus menambah tindakan pencegahan pandemi dengan menangguhkan operasional fasilitas umum, seperti restoran dan pemandian umum, serta membatasi pergerakan orang di ibukota.

Share

Seoul

Comments

Other Posts