Aliansi AS-Korea Selatan Akan Tetap Kuat Walau Berada Di Tangan Joe Biden

Aliansi AS-Korea Selatan Akan Tetap Kuat Walau Berada Di Tangan Joe Biden
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump/Net

Aliansi antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan masih akan tetap kuat meski terjadi perubahan kepemimpinan di Gedung Putih.

Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Korea Selatan setelah Wakil Menteri Luar Negerinya, Choi Jong-kun bertemu dengan perwakilan AS Stephen Biegun pada Rabu (9/12).

Dalam pertemuan tersebut, Choi meminta Biegun untuk menjembatani penguatan hubungan kedua negara, khususnya sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden pada 20 Januari 2021.

Choi mengatakan, kedua negara telah mewujudkan berbagai pencapaian, terutama tiga tahun terakhir di bawah kepemimpinan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, termasuk membangun perdamaian di Semenanjung Korea, relokasi instalasi militer AS, hingga kerja sama penanggulangan Covi-19.

Selain bertemu dengan Choi, Biegun juga bertemu dengan kepala negosiator nuklir Korea Selatan Lee Do-hoon untuk membahas denuklirisasi Korea Utara.

Ia juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat Korea Selatan lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri dan Menteri Unifikasi.

Kunjungan Biegun sendiri kemungkinan menjadi yang terakhir sebelum Presiden Donald Trump harus menanggalkan jabatannya.

Share

SeventeenUNESCO

Comments

Other Posts