Korea Selatan Amankan Puluhan Juta Vaksin Covid-19 Dari Empat Pengembang

Korea Selatan Amankan Puluhan Juta Vaksin Covid-19 Dari Empat Pengembang

Pemerintah Korea Selatan telah menandatangani kesepakatan dengan empat perusahaan pengembang vaksin Covid-19.

Pemerintah pada Selasa (8/12) mengatakan, pihaknya telah melakukan kesepakatan pembelian 20 juta dosis dengan AstraZeneca, 20 juta dosis dengan Modern, dan 4 juta dosis dengan Johnson & Johnson. Totalnya, Korea Selatan sudah mengamankan 44 juta dosis vaksin Covid-19.

Sebanyak 10 juta dosis tambahan juga akan diperoleh dari proyek distribusi vaksin global yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Covax.

Vaksin-vaksin itu akan digunakan untuk melakukan program vaksinasi terhadap 44 juta orang, seperti dilaporkan Reuters.

Saat ini Korea Selatan tengah menghadapi gelombang baru Covid-19 yang banyak disebabkan oleh munculnya berbagai berbagai klaster.

Wakil Menteri Kesehatan Kang Do-tae mengatakan pemerintah tidak dapat melacak asal 26 persen dari semua kasus, dan tingkat kepositifan melonjak hampir empat kali lipat dalam sebulan menjadi sekitar 4 persen.

"Jika jarak sosial tidak diterapkan dengan benar, wabah di wilayah Seoul yang lebih besar akan menyebabkan penularan yang lebih besar secara nasional," kata Kang.

Otoritas kesehatan memperkirakan kasus harian akan berkisar antara 550 dan 750 minggu ini, dan kemungkinan melonjak hingga 900 minggu depan.

Jika prediksi seperti itu akurat, Kang mengatakan sistem kesehatan Korea Selatan kewalahan.

"Mungkin ada situasi berbahaya di mana menjadi sulit tidak hanya untuk merawat pasien Covid-19 tetapi juga untuk menyediakan layanan medis penting," lanjutnya.

Sejauh ini, Korea Selatan telah melaporkan total 38.755 kasus, dengan 552 kematian.

Share

Covid-19

Comments

Related Posts